-->

Sabtu, 14 September 2024

Universitas Warmadewa Lepas 1.045 Wisudawan Pada Wisuda Ke - 76

Universitas Warmadewa Lepas 1.045 Wisudawan Pada Wisuda Ke - 76


Denpasar , Bali Kini
-Universitas Warmadewa (Unwar) menggelar Upacara Wisuda ke-76 Periode September Tahun 2024 dalam Rapat Senat Terbuka, di The Meru Sanur, Sabtu (14/9). Sebanyak 1.045 orang wisudawan/ti dilepas langsung oleh Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP. Wisudawan/ti ini terdiri dari lulusan Fakultas Hukum 79 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 405 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 38 orang, Fakultas Sastra 27 orang, Fakultas Teknik dan Perencanaan 225 orang, Fakultas Pertanian 29 orang, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan 123 orang, Fakultas Pascasarjana 89 orang, dan Fakultas Vokasi 30 orang.


Lulusan terbaik untuk Program Sarjana (S1) diraih oleh Evellyne Natania dari Prodi Kedokteran FKIK dengan IPK: 4,00 (Dengan Pujian). Program Magister (S2) diraih oleh Ni Luh Mitha Anggun Paramitha, ST., dari Prodi S2 Manajemen dengan IPK:4,00 (Dengan Pujian). Program Doktor (S3) diraih oleh Ridwan Sidharta, ST.,SH.,M.Kn.,MH., dari Prodi S3 Hukum dengan IPK:4,00 (Dengan Pujian). Sedangkan dari Program Vokasi diraih oleh Ni Kadek Wahyuniari dari Prodi D3 Sistem Informasi Akuntansi dengan IPK: 3,98 (Dengan Pujian),


Rektor Unwar, Prof. Pandit mengungkapkan bahwa Unwar memiliki visi Bermutu, Berwawasan Ekowisata, dan Berdaya Saing Global 2034. Capaian visi bermutu ini salah satunya ditunjukkan dengan prestasi akademik dan non akademik di tahun 2024. Sejauh ini telah berhasil meraih prestasi akademik internasional sebanyak 15 prestasi, nasional 5 prestasi, lokal 5 prestasi. Sedangkan prestasi non-akademik internasional 6 prestasi, nasional 54 prestasi, dan lokal 12 prestasi.


Visi berwawasan ekowisata dicapai dengan raihan kegiatan Tri Dharma. Dibidang pembelajaran dengan memasukkan mata kuliah ekowisata pada kurikulum ataupun disisipkan pada mata kuliah tertentu dimasing-masing program studi. Disamping itu, adanya riset-riset, serta joint riset yang bernuasa ekowisata baik yang bersifat lokal, nasional, maupun internasional. Hal yang sama juga pada proses pengabdian kepada masyarakat. Salah satu implementasi kerjasama dengan menghasilkan produk binaan, seperti Air Mineral Tirta Unwar, binaan endek bali, binaan kopi wanagiri, serta madu.


Sedangkan visi go global ditunjukan dengan adanya kerjasama sebanyak 290 MoU dengan berbagai perguruan tinggi maupun instansi baik di dalam negeri maupun luar negeri yang telah ter-implementasi dalam 300 bentuk kegiatan. Go Global juga ditunjukkan dengan publikasi dosen pada jurnal internasional bereputasi (scopus) sebanyak 56 artikel, 26 artikel pada jurnal internasional, 80 artikel pada jurnal nasional (Sinta), 66 Hak Cipta, 1 Paten, serta 25 buku ber-ISBN sepanjang Tahun 2024.


Dikatakan, jumlah mahasiswa aktif pada tahun akademik 2024/2025 sebanyak 10.869 orang. Melalui Warmadewa International Program Unwar saat ini memiliki 67 mahasiswa asing paruh waktu dari 9 negara. Antara lain, Jerman, Belanda, Perancis, Denmark, Austria, Korea Selatan, Swedia, Polandia, dan Turki.


Bidang penguatan dan pengembangan kelembagaan, diungkapkan bahwa di umur yang ke-40 tahun Unwar telah terakreditasi Unggul di Tahun 2024 ini. Di Tahun ini juga Unwar telah menambah 1 prodi baru, yaitu Prodi Magister Akuntasi, dan dalam proses Prodi Profesi Arsitek, Prodi Magister Biomedik, dan Doktor Manajemen dan Kebijakan Publik. Adapun perkembangan akreditasi Prodi saat ini, yaitu terakreditasi unggul 8 prodi, terakreditasi baik sekali 8 prodi, terakreditasi baik 6 prodi, terakreditasi A 2 prodi; dan terakreditasi B 5 prodi.


Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Prof. Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan, orangtua dan keluarga, sembari mengucap syukur atas keberhasilan yang diraih. Ia berpesan agar para alumni memiliki karakter sapta bayu, critical thinking, cerdas, inovatif, solutif, dan profesional. Dengan keunggulan yang dimiliki ini, diharapkan mampu mengembangkan potensi, memenangkan kompetisi guna meraih cita-cita. “Kita yakin dan percaya dengan kekuatan Sapta Bayu sebagai Spirit Sri Ksari Warmadewa, didukung oleh soliditas, solidaritas dan saling percaya, kita mampu menjadikan Warmadewa sebagai Perguruan Tinggi terkemuka dambaan masyarakat,” ujarnya.


Kepala LLDIKTI Wilayah VIII yang diwakili oleh Kepala Bagian Umum, I Wayan Suarjaya memyampaikan pesan agar wisudawan tidak berhenti belajar dan menyerap ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang begitu sangat cepat dan pesat. Sebab, wisuda bukan merupakan puncak dari studi yang telah dilakukan melainkan awal untuk memasuki dunia baru kehidupan dengan tantangan yang lebih dinamis dan lebih kompleks.[rl/r2]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved