-->

Sabtu, 21 September 2024

Duta GenRe Siap Wujudkan Indonesia Emas

Duta GenRe Siap Wujudkan Indonesia Emas


 FOTO: Grand Final pemilihan Duta GenRe Nasional 2024 di Badung, Bali.

Badung , Bali Kini - Grand Final pemilihan Duta GenRe Nasional 2024 menjadi sajian pamungkas kegiatan Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas (ADUJAK). Malam puncak berlangsung di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Pusat Pemerintahan, Kabupaten Badung. Rangkaian kegiatan telah berlangsung sejak 17 September 2024.

 

Malam Final pemilihan Duta GenRe Nasional yang berlangsung spektakuler itu dihadiri Sekretaris Utama (Sestama) sekaligus menjabat Plh Kepala BKKBN, Tavip Agus Rayanto, Wakil Bupati Badung, I Ketut Suyasa, sejulmah kepala daerah, serta kepala perwakilan BKKBN se- Indonesia


Tapiv menjelaskan, BKKBN menggandeng tunas muda usia 10-24 tahun sejak 2010. Mereka berada dalam forum GenRe untuk mengampanyekan dan menyiapkan diri dalam perencanaan keluarga berencana.


Lanjut Tapiv, BKKBN melakukan fungsi advokasi khususnya untuk 2 program yakni Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dan percepatan penurunan stunting. Sehingga remaja-remaja terbaik tanah air tersebut diharapkan berkontribusi mewujudkan Indonesia Emas.


“Disitu kami menangani siklus mulai anak-anak, remaja, dewasa dan lansia. Mereka mendapatkan pembinaan salah satunya sebagai konselor. Remaja akan lebih mudah diterima melaksanakan advokasi dengan teman sebayanya dibandingkan pemerintah,” kata Tavip.


Pemberian penghargaan pada Adujaknas 2024 ini, kata Tavip, merupakan role model yang dipertandingkan secara berjenjang dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi hingga Nasional. Tavip menambahkan, mereka diharapkan jadi figur yang akan menyemangati anak muda dalam menumbuhkan kreatifitas.


“Selama ini pemerintah masih kurang memberdayakan. Kami juga menyadari eksistensi saudara-saudara kita yang inklusi. Saat ini kita memiliki Genre Inklusi, dan ternyata dari contoh yang ada, pemenangnya sudah go international,” jelas Tavip.


Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Kabupaten Badung I Ketut Suiasa mengatakan, kreatifitas anak muda dalam forum GenRe menginspirasi pemerintah Kabupaten Badung untuk memberikan program kreatif dan inovatif.


Menurutnya, Forum GenRe menyiapkan generasi muda untuk menyiapkan masa depan dengan pribadi berkualitas dan mandiri. Untuk memberikan dorongan, pemerintah Kabupaten Badung memfasilitasi UMKM yang dikelola anak muda untuk mendapatkan kredit usaha.


“Di situ generasi muda pelaku UMKM dapat melakukan pinjaman kredit dengan plafond Rp 25 juta. Mereka tidak perlu bayar bunga, bayar provisi, tidak dikenai biaya administrasi, jadi hanya bayar pokok saja dengan jangka waktu 2 tahun,” kata Suiasa.


“Karena baru taraf ujicoba kita berikan pinjaman Rp25 juta tapi tahun depan akan dinaikkan ke Rp50 juta,” tambah Wabup Badung.


Pada malam final tersebut, terpilih sebagai juara 1 Duta GenRe Indonesia 2024, perwakilan Aceh, Muhammad Zaki Raihan, dan perwakilan Sulawesi Tengah (Sulteng) Tesalonika Kusuma Wardani Lengkong.


Dalam kegiatan itu, juga dilakukan serah terima Ketua GenRe Indonesia, dari Nur Alif Baslamin (periode 2022-2024) kepada  I Putu Arya Aditya Utama, selaku Ketua Periode 2024-2026. Serta diserahkan pula 4 kategori penghargaan untuk pemenang dari setiap wakil Forum Genre di seluruh Indonesia.[gd]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved