-->

Sabtu, 31 Agustus 2024

Walikota Jaya Negara Buka Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Dan Pengelolaan Desa Wisata

Walikota Jaya Negara Buka Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Dan Pengelolaan Desa Wisata


 
Ket foto : Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menghadiri sekaligus membuka secara resmi Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Pengelolaan Desa Wisata bagi Pelaksana Kewilayahan se-Kecamatan Denpasar Barat yang digelar di Hotel Neo Denpasar, Jumat (30/8).


Sasar Pelaksana Kewilayahan Dalam Penyelenggaraan Desa dan Kelurahan di Kecamatan Denpasar Barat

Denpasar, Bali Kini - Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menghadiri sekaligus membuka secara resmiSosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Pengelolaan Desa Wisata bagi Pelaksana Kewilayahan se-Kecamatan Denpasar Barat yang digelar di Hotel Neo Denpasar, Jumat (30/8).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Kadis DPMD Kota Denpasar, I Wayan Budha, Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Ni Luh Putu Riyastiti, Narasumber dari Badan Kesbangpol Kota Denpasar dan Bagian Hukum Setda Kota Denpasar.

Dalam kempatan ini Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menjelaskan mengenai wawasan kebangsaan yang merupakan pondasi bagi keutuhan bangsa dan negara. Dimana desa dan kelurahan memegang peran strategis dalam menjaga dan melestarikan wawasan kebangsaan di tengah masyarakat dan sebagai ujung tombak pemerintahan di tingkat paling dekat dengan masyarakat.

“Saya harapkan melalui sosialisasi ini para peserta dapat meningkatkan pemahaman dan wawasan kebangsaan, serta dapat mengimplementasikannya dalam tugas sehari-hari di wilayah masing-masing,” ujarnya.

Jaya Negara menekankan bahwa seluruh elemen masyarakat harus mengedepankan semangat persatuan, gotong royong dan toleransi dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat. Yakni berlandaskan “Vasudhaiva Kutumbakam” yang mengandung makna dalam kehidupan ini kita semua bersaudara. Dimana Semua sektor kehidupan harus diselesaikan dengan parasparos sarpanaya, salunglung sabayantaka. Semua persoalan diselesaikan bersama-sama dan Menyama Braya. Sehingga, dengan mengedepankan wawasan kebangsaan diharapkan dapat menghadapi segala tantangan serta menjaga keutuhan bangsa serta negara. 

“Tentunya saya mengingatkan pentingnya pelaksanaan kegiatan ini sebagai upaya untuk memperkuat pemahaman tentang nilai-nilai kebangsaan, terutama dalam pelaksanaan tugas kewilayahan di tingkat desa/kelurahan,” ujar Jaya Negara. 

Sementara Camat Denpasar Barat, IB Made Purwanasara mengatakan, Acara ini bertujuan untuk meningkatkan Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional dalam rangkamemantapkan pengamalan Pancasila, pelaksanaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, pelestarian Bhineka Tunggal Ika serta pemertahanan dan pemeliharaan Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia bagi Pelaksana Kewilayahan se-Kecamatan Denpasar Barat.

Dimana Narasumber dalam sosialsasi ini yaitu berasal dari unsur Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Dinas Pemberdayaan Mayarakat dan Desa Kota Denpasar, Badan Kesbangpol Kota Denpasar dan Bagian Hukum Setda Kota Denpasar. Sedangkan peserta berjumlah 130 orang yang berasal dari Pelaksana Kewilayahan di Desa dan Kelurahan se-Kecamatan Denpasar Barat sebanyak 112 orang (terdiri dari 37 orang Kepala Lingkungan dari Kelurahan, dan 75 Kepala Dusun dari masing-masing Desa), Pendamping dari Desa dan Kelurahan yang berjumlah 11 orang serta Pendamping dari Kecamatan yang berjumlah 7 orang.

Selain sosialisasi juga turut dilaporkan bahwa, Desa Dauh Puri Klod dan Kelurahan Dauh Puri berhasil memenangkan Juara 1 pada Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kota dan akan mewakili Kota Denpasar di Tingkat Provinsi pada Tahun 2025. (ays).



Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved