-->

Rabu, 07 Agustus 2024

Sosialisasi BP3MI di Kubu, Disnaker Tegaskan Aparatur Desa Pantau PMI

 Sosialisasi BP3MI di Kubu, Disnaker Tegaskan Aparatur Desa Pantau PMI


Karangasem, Bali Kini
- BP3MI Provinsi Bali bersinergi bersama Perwira PMI Bali, Dinas Ketenagakerjaan Karangasem, Kawan PMI Karangasem dan Camat Kubu melaksanakan Sosialisasi penempatan dan perlindungan PMI di Kecamatan Kubu, kantor Camat Kubu, Kabupaten Karangasem, Rabu (7/8/2024). Dengan menghadirkan CPMI, (Calon Pekerja Migran Indonesia), yowana, beserta staff perangkat desa. 


Mengingat di Kabupaten Karangasem sendiri, jumlah masyarakat yang menjadi PMI paling banyak kedua di Bali, dan wilayah Kubu dipilih sebagai daerah yang di prioritaskan untuk menjadi target sosialisasi karena mempunyai jumlah PMI yang cukup banyak dan di anggap rawan. 


Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Karangasem, Ida Nyoman Astawa tak hanya mengimbau bagi para CPMI agar memiliki kompetensi dan tidak menempuh jalur ilegal namun pihaknya juga menekankan bagi para pemerintah Desa juga harus peduli dan jeli memantau warganya. 


"Untuk Antisipasi TPPO dan hal buruk lainnya maka pihak desa penting untuk melakukan cek dan ricek, memantau warganya yang menjadi CPMI. Baik ketika saat keberangkatan maupun kepulangan," Tandas Ida Nyoman. 


Pihaknya juga mengatakan agar aparatur desa tegas memverifikasi, mengantisipasi kecurangan pemalsuan tanda tangan. Salah satunya pemalsuan tanda tangan pada surat ijin keluarga PMI, baik orang tua maupun suami/istri agar tak menjadi momok kedepannya. (Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved