-->

Rabu, 14 Agustus 2024

Sekda Budiasa Ingatkan Pentingnya Pendidikan Kepramukaan pada generasi muda

 Sekda Budiasa Ingatkan Pentingnya Pendidikan Kepramukaan pada generasi muda


Jembrana , Bali Kini 
- Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Jembrana menggelar apel besar Peringatan Hari Pramuka ke-63 yang diikuti Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak se-kabupaten Jembrana di Lapangan Kecamatan Melaya, Rabu (14/8).


 Pembina Upacarabyang juga , Sekretariat Daerah Kabupaten Jembrana I Made Budiasa mengingatkan pentingnya pendidikan kepramukaan di tengah era globalisasi dimana dengan mudahnya berbagai pengaruh bisa masuk ke masyarakat khususnya pada generasi muda.


Situasi saat ini, kata  Budiasa akan menjadi ancaman bagi bangsa seperti penggunaan narkoba, pergaulan bebas, kekerasan, dan penggunaan media sosial secara bebas, serta berbagai dampak situasi sosial budaya dan ekonomi yang kurang kondusif. 


"Ancaman ini tentu menjadi tanggung jawab semua komponen bangsa termasuk gerakan pramuka. Dengan situasi dunia yang semakin mengglobal, maka menjadi penting pendidikan kepramukaan, bahkan semua anggota organisasi kepemudaan lain, dan saya mempunyai keyakinan bahwa gerakan pramuka dapat menyatukan bangsa .

Ketika banyak pihak yang memiliki kepentingan merusak kesatuan yang persatuan bangsa," ucapnya.


Sekda Budiasa yang juga selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Jembrana mengatakan Gerakan Pramuka adalah wahana untuk menumbuhkan kreatifitas, penguatan pendidikan karakter bagi peserta didik. Pengembangan diri bagi pembina juga sangat diperlukan untuk bisa membimbing para peserta didik. 


"Kwarcab Pramuka Kabupaten Jembrana memberikan kesempatan untuk menggali ilmu dan pengalaman baru melalui kegiatan karang pamitran. Kegiatan ini sangat perlu dilaksanakan dalam pembentukan karakter pembina pramuka, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan pengalaman dan kepemimpinan dengan cara bertukar keterampilan, sehingga pramuka lebih berkwalitas," ujarnya.


Pihaknya menambahkan, pembangunan sumber daya manusia juga harus sejalan dengan pembangunan fisik karena kunci keberhasilan pembangunan bangsa terletak pada sumber daya manusia yang berkwalitas.


"Saya mengharapkan seluruh peserta apel untuk dapat mengikuti acara ini dengan seksama dalam rangka mewujudkan masyarakat indonesia yang berkepribadian berkarakter, baik, berwatak, handal dalam berfikir dan bertindak serta memiliki jiwa bela negara," harapnya.


Terakhir, pihaknya juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang berkontribusi dalam perkembangan gerakan Pramuka khusunya di Jembrana.


"Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya atas nama Pemerintah Kabupaten  Jembrana mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak memberikan bantuan bagi perkembangan dan kemajuan gerakan pramuka di kabupaten Jembrana," pungkasnya. ( Gusadi)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved