-->

Sabtu, 17 Agustus 2024

Sambut Hari Kemerdekaan ke-79 dengan Semangat Kebersamaan

Sambut Hari Kemerdekaan ke-79 dengan Semangat Kebersamaan


Bupati Tabanan Tebar Benih Ikan di Danau Beratan


Tabanan , Bali Kini  - Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 Tahun 2024, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya,S.E.,M.M, melaksanakan kegiatan sosial menebar 16.500 benih ikan nila bersama dengan Anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Sekda, Jajaran Pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan beserta masyarakat dan pemuda setempat, di Danau Beratan, Baturiti, Jumat, (16/8).


Melalui sambutannya, Sanjaya mengapresiasi inisiasi dan kreativitas para pemuda yang merayakan hari Kemerdekaan RI dengan kegiatan sosial, salah satunya menebar ikan dan kegiatan bersih-bersih yang tidak hanya menjadi momen peringatan sejarah, tetapi juga wadah bagi masyarakat untuk berkontribusi langsung dalam pelestarian lingkungan dan alam sekitar.


“Pemerintah memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya pada kegiatan ini, saya rasa kegiatan ini bisa dilakukan tidak hanya pada saat 17-an saja, tetapi kapan pun bisa dilakukan kegiatan-kegiatan seperti ini. Dapat dilakukan pada hari kemerdekaan, hari sumpah pemuda dan momen apapun, karena tujuannya untuk menjadikan lingkungan kita menjadi lebih baik dan bersih," puji Sanjaya.


Tebar benih ikan di perairan Danau Beratan ini bukan hanya dikatakan Sanjaya sekadar seremoni, melainkan merupakan simbol dari komitmen bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mengembangkan sumber daya alam yang ada, khususnya di Kabupaten Tabanan yang dianugerahi dengan keindahan alam yang begitu eksotik


“Ketika diberikan anugerah alam yang mempesona cantik seperti ini, tugas kita sebagai umat manusia sebagai warga negara patutlah kita mengucapkan terima kasih kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang memberikan alam indah mempesona ini. Kita sebagai manusia yang beradab yang mengerti etika dan estetika patutlah menjaganya, karena keindahan itu tidak datang seketika, keindahan itu juga kita ciptakan,” imbuhnya.


Lebih lanjut, Sanjaya mengajak seluruh pihak untuk memaknai filosofi dari kegiatan ini sebagai bentuk perbuatan mulia dalam merawat bumi pertiwi. “Seperti halnya di hari Jumat kita punya program Jumat bersih yang tujuannya itu adalah bagaimana memberikan contoh langsung dari pemerintah selanjutnya turun ke Camat, sehingga nantinya dapat menular kepada masyarakat lainnya. Bagaimana kita memberikan contoh biar bisa merawat Pertiwi ini, menjaga alam ini," tegas politisi asal Dauh Pala tersebut.


Kegiatan tebar benih ikan di Danau Beratan menjadi salah satu bentuk nyata dari komitmen pemerintah Kabupaten Tabanan dalam menjaga kelestarian lingkungan, meningkatkan ketahanan pangan, dan mempererat hubungan antara pemerintah dengan masyarakat. Semangat gotong royong, kebersamaan, dan kolaborasi yang tercermin dalam kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat Tabanan untuk terus berpartisipasi aktif dalam upaya-upaya pembangunan yang berkelanjutan, dalam mewujudkan Tabanan Era Baru yang Aman Unggul Madani.[tn]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved