-->

Jumat, 02 Agustus 2024

Pemkot Denpasar Gandeng Uniqlo Fasilitasi Produk IKM/UKM Lokal Rambah Pasar Internasional.

Pemkot Denpasar Gandeng Uniqlo Fasilitasi Produk IKM/UKM Lokal Rambah Pasar Internasional.


 Ket. Foto : Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa didampingi Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari di sela-sela kegiatan kurasi produk IKM/UKM lokal Kota Denpasar oleh Uniqlo pada Jumat (2/8) di Graha Sewaka Dharma, Denpasar.


Denpasar, Bali Kini - Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan kembali memfasilitasi produk Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk merambah pasar internaisonal. Hal ini dilaksanakan dengan memberikan ruang bagi IKM/UKM lokal untuk mengikuti kurasi (seleksi dan penilaian) produk oleh Uniqlo Indonesia yang dipusatkan di Graha Sewakadarma Kota Denpasar, Jumat (2/8). 


Pelaksanaan kurasi dihadiri langsung Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa didampingi Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari bersama Corporate Affairs Director PT Fast Retailing indonesia (Uniqlo) Irma Yunita, Sustainability & Corporate PR Manager, Yulia Rachmawati dan Government Relation Officer, Christopher Mogot. Kurasi ini dilaksanakan khusus untuk IKM/UKM lokal Kota Denpasar agar dapat mengikuti program Showcase Uniqlo Neighborhood Collaboration di gerai baru Uniqlo di Icon Bali, Sanur. 


Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa menyambut baik pelaksanaan Kurasi Produk IKM/UKM lokal Kota Denpasar oleh Uniqlo Indonesia. Hal ini tentu memberikan ruang bagi IKM/UKM Kota Denpasar untuk merambah pasar nasional bahkan internasional. 


"Fasilitasi Pemkot Denpasar bagi pelaku IKM/UKM lokal kita agar terkoneksi dengan pihak - pihak yang dapat membantu mereka untuk melebarkan sayap dan mempromosikan produk mereka ke tingkat yang lebih baik, termasuk tingkat nasional dan internasional,” ujarnya. 


Lebih lanjut dijelaskan, kerjasama yang telah berjalan antara Pemkot Denpasar dengan Merk Global Uniqlo dalam merangkul pelaku IKM/UKM lokal yang potensial ini tentunya merupakan kesempatan emas bagi para pelaku IKM/UKM lokal ini. Sehingga seluruh IKM/UKM diharapkan mengikuti seleksi ini dengan sungguh-sungguh dengan menunjukan produk  terbaik. 


“Bagi produk yang lolos kurasi nantinya berkesempatan memamerkan produk mereka di gerai Uniqlo di Icon Bali, Sanur dan tidak menutup kemungkinan akan dapat semakin mengenalkan produk mereka ke khalayak yang lebih luas. Tentu ini menjadi suatu keuntungan bagi produk IKM/UKM lokal kita di Kota Denpasar," ujar Ayu Kristi. 


Sementara Sustainability & Corporate PR Manager Uniqlo Indonesia, Yulia Rachmawati saat ditemui menjelaskan bahwa dalam Uniqlo Neighborhood Collaboration nantinya IKM/UKM lokal Kota Denpasar yang lolos kurasi akan menempati area yang dilengkapi dengan informasi data lokasi dan profil digital. Sehingga tidak menutup kemungkinan dapat ditempatkan ke gerai Uniqlo di luar Indonesia. 


Dikatakannya, adapun kriteria kurasi produk ini diantaranya kreativitas dan keunikan produk, variasi produk, kerapihan, tampilan akun medsos produk yang rapi, penerapan prinsip berkelanjutan (ramah lingkungan), kepedulian terhadap kemanusiaan (sosial dan SDM penyandang disabilitas) dan tidak melanggar hak cipta. Nantinya, akan dipilih enam produk IKM/UKM lokal Denpasar untuk menggikuti Uniqlo Neighborhood Collaboration di Icon Bali, Sanur. 


"Jika ternyata nanti jumlah yang terpilih melebihi enam, maka akan diberlakukan batch (kelompok) kedua. Pihak Uniqlo akan mengadakan kerjasama dengan IKM/UKM lokal yang terpilih ini selama setahun. IKM/UKM lokal Denpasar ini akan mendapatkan akses langsung berkoneksi dengan customer disana, untuk itulah disetiap display produk disertai barcode yang memuat profil sosial media dan data lengkap produk,” ujarnya 


Salah satu pelaku IKM/UKM Kota Denpasar, Prima dari Tenun Ikat Bali Nusa berterima kasih telah difasilitasi oleh Pemkot Denpasar untuk mengikuti kurasi porduk dari Uniqlo Indonesia. 


"Kami sebagai pengusaha lokal tentu dengan program dari Pemkot dan Uniqlo ini mendapatkan kesempatan untuk terkoneksi dan menunjukkan keunikan dan kualitas produk kami ke kalangan yang lebih luas. Tentu ini memacu kami menghasilkan produk yang lebih baik lagi kedepannya," ucapnya. (esa)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved