-->

Kamis, 15 Agustus 2024

Kapolres Karangasem Tingkatkan Kompetensi Personel Mengawal Pilkada 2024

Kapolres Karangasem Tingkatkan Kompetensi Personel Mengawal Pilkada 2024


FOTO: [AMI]Giat simulasi Sispamkota yang dilaksanakan di Lapangan Tanah Aron

Karangasem, Bali Kini - Polres Karangasem menggelar Upacara Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) sebagai rangkaian terakhir dari Latihan Pra Operasi (Latpraops) Pilkada Serentak Tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Lapangan Tanah Aron Amlapura, Kamis (15/8/2024). Sebanyak 400 pasukan dilbatkan dalam simulasi tersebut, giat tersebut juga menjadi bagian penting untuk mengecek kelayakan fungsi dari alat atau fasilitas yang digunakan nantinya. 


Upacara dipimpin oleh Kapolres Karangasem, AKBP I Nengah Sadiarta, S.I.K., S.H., M.K.P., bertindak sebagai inspektur upacara. Dihadiri pula oleh perwakilan Bupati Karangasem yang diwakili oleh Kepala Kesbangpolinmas, Forkompinda Kabupaten Karangasem, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Kabupaten Karangasem.


Dalam amanatnya, AKBP I Nengah Sadiarta menegaskan bahwa simulasi ini merupakan bentuk kesiapan dalam mengamankan Pemilihan Umum Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karangasem Tahun 2024. "Kegiatan ini juga bertujuan mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana prasarana sebelum Operasi Mantap Praja Agung-2024 yang akan dimulai pada 24 Agustus 2024," ujarnya.


Kapolres menekankan pentingnya peningkatan kualitas SDM, khususnya personil Polres Karangasem yang akan terlibat dalam Ops Mantap Praja Agung-2024. Tujuannya agar personil memiliki kompetensi dan kemampuan memadai dalam melaksanakan tugas pengamanan Pilkada yang akan digelar pada 27 November 2024.


AKBP Nengah Sadiarta juga menyoroti peran strategis TNI-POLRI dan instansi terkait dalam mengawal, menjaga, dan mengamankan penyelenggaraan Pilkada yang Langsung, Umum, Bebas, dan Rahasia. Beliau menekankan pentingnya pendekatan preventif untuk menghilangkan potensi gangguan dan mewujudkan kesadaran masyarakat.


"Saat ini, Kabupaten Karangasem memiliki 857 TPS dengan jumlah DPT sebanyak 394.058 orang, terdiri dari 197.076 pemilih laki-laki dan 196.982 pemilih perempuan. Ini adalah objek pengamanan kita pada Pilkada Serentak 2024," papar Kapolres.


Kapolres menutup amanatnya dengan menekankan pentingnya sinergitas antara TNI-POLRI, instansi terkait, dan masyarakat untuk menciptakan Pilkada yang aman dan damai.


Simulasi Sispamkota ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan profesionalisme aparat keamanan dalam menghadapi berbagai tantangan dan potensi gangguan selama proses Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Karangasem. (Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved