-->

Rabu, 28 Agustus 2024

Jaya Negara: Jadi Ujung Tombak Perkuat Nilai Berbangsa dan Bernegara.

Jaya Negara: Jadi Ujung Tombak Perkuat Nilai Berbangsa dan Bernegara.


 Ket foto : Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat menghadiri sekaligus membuka Sosialisasi Wawasan Kebangsaan bagi Pelaksana Kewilayahan se-Kecamatan Denpasar Utara yang digelar di Harris Hotel and Covention Denpasar, Rabu (28/8).


Denpasar, Bali Kini - Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menghadiri sekaligus membuka Sosialisasi Wawasan Kebangsaan bagi Pelaksana Kewilayahan se-Kecamatan Denpasar Utara yang digelar di Harris Hotel and Covention Denpasar, Rabu (28/8). Kegiatan tersebut dilaksanakan guna mewujudkan kepala kewilayahan sebagai ujung tombak dalam memperkuat nilai-nilai berbangsa dan bernegara. 


Hadir dalam kesempatan tersebut Kadis DPMD Kota Denpasar, I Wayan Budha, Kabag Hukum Setda Kota Denpasar, Komang Lestari Kusuma Dewi, Narasumber dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Denpasar serta Sat Pol PP Kota Denpasar. 


Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara dalam sambutanya menjelaskan, wawasan kebangsaan merupakan pondasi bagi keutuhan bangsa dan negara. Hal ini lantaran kedepan, tantangan terhadap nilai-nilai kebangsaan semakin kompleks. Sehingga diperlukan sebuah upaya konkret dalam mempertahankan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. 


Lebih lanjut dijelaskan, sebagai ujung tombak pemerintahan di tingkat paling dekat dengan masyarakat, desa dan kelurahan memagan peran strategis dalam menjaga dan melestarikan wawasan kebangsaan di tengah masyarakat. 


“Saya berharap melalui sosialisasi ini para peserta dapat meningkatkan pemahaman dan wawasan kebangsaan, serta dapat mengimplementasikannya dalam tugas sehari-hari di wilayah masing-masing,” ujarnya 


Jaya Negara menekankan bahwa seluruh elemen masyarakat harus mengedepankan semangat persatuan, gotong royong dan toleransi dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat. Sehingga, dengan mengedepankan wawasan kebangsaan diharapkan dapat menghadapi segala tantangan serta menjaga keutuhan bangsa serta negara. 


“Tentunya saya mengingatkan pentingnya pelaksanaan kegiatan ini sebagai upaya untuk memperkuat pemahaman tentang nilai-nilai kebangsaan, terutama dalam pelaksanaan tugas kewilayahan di tingkat desa/kelurahan,” ujar Jaya Negara. 


Sementara, Camat Denpasar Utara, I Wayan Yusswara mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 102 kepala Kewilayahan Desa/Kelurahan se-Kecamatan Denpasar Utara. Dimana, kegiatan ini menghadirkan narasumber dari unsur Sat Pol PP Kota Denpasar, Kesbangpol Kota Denpasar serta Bagian Hukum Setda Kota Denpasar. 


Dikatakannya, pelaksanaan sosialisasi wawasan kebangsaan ini dilaksanakan guna meningkatkan wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional dalam rangka memantapkan pengamalan Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 


“Semoga dengan pelaksanaan kegiatan ini dapat mendukung pengamalan nilai-nilai berbangsa dan bernegara bagi kepala kewilayahan untuk dapat digetoktularkan di masyarakat wilayah masing-masing,” ujarnya. (Ags)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved