-->

Rabu, 07 Agustus 2024

Dua Ledakan Kapal Tangker Elisabeth di Perairan Topekong Akibatkan Lima Tewas

Dua Ledakan Kapal Tangker Elisabeth di Perairan Topekong Akibatkan Lima Tewas


Karangasem, Bali Kini
– Sekitar pukul 03.00 WITA, kebakaran hebat melanda kapal tangker Elisabeth I yang membawa bahan bakar di perairan Pulau Topekong, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Rabu (7/8/2024). Yang mengakibatkan 5 orang crew master station meninggal dunia, diantaranya ialah joko (oiler), Ismail (oiler), Riski (masinis4), Syahlan(oiler),  Faturahman (kadet mesin). Kapal tersebut tengah dalam perjalanan menuju Badas, Sumbawa, NTB, dan berada sekitar satu mil dari Pulau Topekong ketika insiden terjadi.


Rizky Wulandari melaporkan kejadian ini ke pihak berwajib diketahui kebakaran bermula dari ledakan di bagian mesin kru kapal dengan dua kali ledakan. Setelah ledakan pertama, kapal mengalami blackout dan sulit dikendalikan. Ledakan kedua mengakibatkan kebakaran besar di kamar mesin.


Dari jumlah total awak kapal 21 orang, 12 orang mengalami luka ringan dan dilarikan ke RS Graha Bakti Klungkung. Diantaranya ialah Predy,Wahrudin,Amirul Raihan,Diva ismah,SigioDitex,Amar, Renaldy,Zulfokar,Rival Arief,Robinson pardamaian,Evtrika Ambara sari,Risky Wulandari. Sedangkan tiga orang dengan luka bakar parah,diatas 80 persen dirawat di RSUP Sanglah. Ialah Fadli,Moch Saiful,Edwin Pratama. Lima orang lainnya meninggal dunia, sementara hanya satu orang yang berhasil selamat yakni nahkoda Muh. Hariz Al Razak. 


Kepolisian Polres Karangasem  masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran. Tim dari Basarnas, KSOP, dan Depo Pertamina telah melakukan evakuasi dan penanganan korban. Penyebab kebakaran belum dapat dipastikan dan penyelidikan lebih lanjut akan dilakukan bersama Dit Polairud dan pihak laboratorium forensik.


Atas kejadian tersebut Kapolres Kabupaten Karangasem, AKBP I Nengah Sadiarta mengatakan, " Kami masih melakukan penyelidikan dan koordinasi dengan pihak kepolisian perairan Polda Bali. Dan untuk masyarakat kami imbau agar tetap dapat berkegiatan seperti biasa karena kejadian tersebut adalah musibah,"katanya. (Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved