-->

Senin, 05 Agustus 2024

Bupati Sanjaya Hadiri Paruman Desa Adat Kota Tabanan

 Bupati Sanjaya Hadiri Paruman Desa Adat Kota Tabanan


Tabanan , Bali Kini 
- Selaku Murdaning Jagat sekaligus Panyegjeg dan krama Desa Adat Kota Tabanan, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M, turut hadir dalam undangan Paruman dalam rangka Nitenin Ngeninin Desa Adat Kota Tabanan sekaligus memberikan arahan mengenai Krematorium/Tunon dan juga Program - Program Bupati yang digelar di SMK Negeri 1 Tabanan, Minggu, (4/8). 

Sanjaya menyambut baik dan mengapresiasi Bendesa Adat beserta Prajuru Adat dalam upaya pelaksanaan kegiatan program kerja Desa Adat kedepan mengenai pembangunan Krematorium/Tunon Desa Adat Kota Tabanan. Dimana program ini juga sejalan dengan program pemerintah dalam bidang pelestarian adat dan pengembangan kebudayaan.

“Gambaran ini memberikan sebuah pesan kuat, bahwa energi positif untuk membangun tatanan Desa Adat, khususnya pembangunan krematorium/tunon menjadi landasan yang kuat untuk dapat memberikan solusi/pilihan  kemudahan bagi krama Desa Adat yang akan melaksanakan upacara Pitra Yadnya,” ujar Sanjaya yang saat itu turut didampingi Anggota DPRD Tabanan, Sekda dan Jajaran Kepala Perangkat Daerah terkait serta Bendesa Adat dan Prajuru, Panyegjeg/Penglingsir Desa Adat Kota Tabanan, juga Jro Kelihan Adat se-Desa Adat Kota Tabanan.

Lebih dari itu, Sanjaya menilai pembangunan krematorium ini nantinya sudah tentu dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi krama Desa Adat dan perputaran perekonomian Desa Adat pasti semakin kuat. Program kegiatan ditegaskannya juga bukan berarti menghilangkan tradisi, adat dan agama dan budaya, melainkan dengan tujuan mengefisienkan biaya, waktu, tenaga dan yang terutama harus mampu meringankan beban masyarakat.

Selain itu, Sanjaya juga berpesan agar  Paruman ini menjadi suatu momentum menyatukan visi dan misi dalam memajukan Desa Adat Kota Tabanan. Dengan adanya dukungan Pemerintah Kabupaten Tabanan, Ia juga berharap program pembangunan krematorium nantinya dapat terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, khususnya krama Desa Adat Kota Tabanan dan seluruh pihak terus memantapkan berkolaborasi demi kemajuan bersama sekaligus mengadopsi inovasi yang mendukung kesejahteraan masyarakat.

Sejalan dengan harapan Bupati Sanjaya, Bendesa Adat Kota Tabanan, I Made Suwardika, juga berharap seluruh Prajuru Desa Adat Kota Tabanan dan semua pihak agar selalu kompak bersatu, sehingga segala program bisa berjalan dengan baik. Melalui laporannya, Ia juga sampaikan terimakasih kepada Bupati Sanjaya atas dukungan dan selaku Penyegjeg Desa Adat Kota Tabanan hadir memberikan bimbingannya serta motivasinya dalam pelaksanaan program-program Desa Adat Kota Tabanan.[tb]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved