-->

Sabtu, 20 Juli 2024

Penyelenggara Pemilu Harus Lindungi Data Pribadi Pemilih, KPU Karangasem Adakan Seminar Nasional

Penyelenggara Pemilu Harus Lindungi Data Pribadi Pemilih, KPU Karangasem Adakan Seminar Nasional


Karangasem, Bali Kini -
KPU Kabupaten Karangasem melaksanakan Seminar Nasional Integritas penyelenggara dalam menjaga data pribadi dalam Pemilu 2024, pada Sabtu (20/7/2024) di Ballroom Mall Pelayanan Publik Kabupaten Karangasem. Dengan menghadirian 3 orang narasumber yakni Dr. Rasminto (Direktur Eksekutif Human Studies Intitute), Ketua MDA Provinsi Bali, Ida Penglingsir  I Gusti Agung Putra Sukahet dan Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unud,  Effata Filomeno Borromon Duarte. 


Ketua KPU Kabupaten Karangasem, I Putu Darma Budiasa mengatakan jika seminar ini penting dilakukan karena merupakan media pembelajaran bagi para penyelenggara Pemilu, seperti PPK dan PPS. "kita sebagai penyelenggara, kita harus menjaga identitas rahasia data pribadi masyarakat kita sebagai pengelola data dari masyarakat, kita tidak boleh sembarangan," Katanya. 


Sementara, bentuk data yang dikelola oleh KPU sendiri ialah data seluruh masyarakat yang berstatus pemilih maupun peserta pemilu. "Ada data pribadi dari masing-masing calon pemilih itu kan ada NIK, Data pribadi, seperti alamat dan sebagainya, kita harus rahasiakan itu dan tidak boleh mengobral data tersebut," Tegasnya. 


Sementara, Ketua MDA Bali, Ida Penglingsir  I Gusti Agung Putra Sukahet menyampaikan Pilkada ini tujuannya sangat sakral. "Karena untuk membangun menjaga merawat kerukunan di Bali, keamanan, keharmonisan kesejahteraan dan lain sebagainya, tujuannya Mulia. Mari kita juga tempuh dengan cara-cara yang mulia," Katanya. 


Dalam seminar tersebut, integritas para penyelenggara diharapkan dapat terpelihara baik. Dimana mereka dilarang tegas untuk memalsukan data pribadi pemilih untuk kepentingan pribadi. (Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved