-->

Rabu, 17 Juli 2024

I Gusti Putu Parwata Dan Nyoman Musna Antara Hadiri Lomba Parantara Jukung Race

 I Gusti Putu Parwata Dan Nyoman Musna Antara Hadiri Lomba Parantara Jukung Race


Karangasem, Bali Kini -
Warga Dinas Beluhu Kangin, Desa Tulamben, Karangasem menggelar olahraga tradisional lomba balap jukung yakni "Parantara Jukung Race" yang diselaraskan dengan menyambut HUT RI ke 79.


Lomba tersebut mendapat support dari para tokoh masyarakat Karangasem yakni I Gusti Made Tusan, yang hadir bersama pasangan Calon Bupati Karangasem 2024 dari partai Nasdem I Gusti Putu Parwata dan dari partai Golkar I Nyoman Musna Antara. Didampingi pula Wakil Ketua DPRD Karangasem, I Gusti Ngurah Gede Subagiarta, Rabu (17/7/2024). 



Ketua Panitia Jukung Race, I Komang Sartika mengatakan, ada 29 orang masyarakat nelayan yang ikut serta dalam lomba tersebut. Para pemenang nantinya akan mendapat hadiah berupa uang tunai dan Piagam. "Juara I dapat 5 juta, juara II 3 juta, Juara III 2 juta, harapan I, 1 juta. Kemudian ada Piala dan Piagam juga kita sediakan untuk pemenang, dan untuk peserta ada hadiah hiburan senilai 200.000," Tandasnya. 


Lomba Jukung Race ini menghabiskan waktu 3-4 jam. Dengan menempuh rute, start dari Pantai Batubelah, Rumpon, ke Selatan hingga depan Hotel Sidarta, kemudian balik dan finish. "Para nelayan ini, selain mencari ikan di laut, mereka juga diberi hiburan. Selain itu mereka merasa diperhatikan. Mudah-mudahan tahun depan, karena ini masuk dalam kalender tahunan mudah-mudahan pemerintah hingga ke kementerian juga dapat bersinergi dengan kita," Harap Sartika. 



Sementara, Gusti Made Tusan mengharapkan agar lomba tradisional Jukung Race ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. "Kami sangat mendukung lomba Jukung race ini disamping sebagai hiburan bagi para nelayan. Kami juga berharap ditahun depan semakin banyak yang ikut serta agar lomba ini tetap eksis," Katanya. Tak hanya itu, pihaknya juga berharap agar lomba semacam ini tidak hanya ada diwilayah Tulamben saja, namun merembet ke desa lain. (Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved