-->

Sabtu, 27 Juli 2024

Harga Cabe di Pasar Karangasem Maish Fluktuatif

Harga Cabe di Pasar Karangasem Maish Fluktuatif


Karangasem, Bali Kini -
Bak rollercoaster, Harga cabai di Kabupaten Karangasem mengalami kenaikan dan penurunan secara cepat. Dimana dalam kurun waktu beberapa hari belakangan harga cabai mengalami kenaikan harga secara bertahap. 


Salah satunya di Pasar Amlapura Timur, Sabtu (27/7/2024) dipantau, pedagang bumbu rempah-rempah menerangkan, harga cabai rawit mengalami kenaikan drastis. "Sekarang harga cabai rawit merah yang super itu 80.000,- kalau yang biasa Rp. 75.000. Itu naiknya bertahap selama beberapa hari ini. Sempat di harga Rp. 25.000 baik menjadi Rp. 35.000 - 43.000 terus naik sampai kemarin itu Rp. 80.000, baru hari ini turun lagi jadi Rp. 75.000/kg," Kata Dayu Karang, salah satu pedagang di Pasar Amlapura Timur. 


Tak hanya harganya yang mahal, hal lain yang dikeluhkan pedagang ialah banyaknya cabai layu atau busuk yang Tercampur ketika membeli cabai dari pengepul. "Cabe busuk ini harus dipisahkan dengan cabai yang segar agar yang lain tidak ketularan busuk, lumayan ini bisa kiloan yang busuk, cabe yang kurang segar ini bisa kami jual kembali tapi dengan harga yang sangat miring," Tandas Dayu. 


Sementara itu, Bu Nuri pedagang di Pasar Amlapura Timur lainnya, memprediksi harga akan terus meningkat, mengingat akan datangnya hari raya Hindu. "Kalau begini terus bisa saja akan terus meningkat, seperti tahun lalu. Apalagi kalau dekat hari raya seperti tahun lalu, saya rasa akan tembus ke Rp. 100.000,-, " Katanya. 


Sementara itu, harga cabai jenis lainnya seperti cabai merah besar dan cabai hijau masih stabil. Dimana harga cabai merah besar tetap di angka  Rp. 25.000/kg, sedangkan cabai kriting Rp. 35.000/kg. (Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved