-->

Senin, 15 Juli 2024

Bupati Sanjaya, Apresiasi Kekompakan Warga Desa Adat Nyatnyatan Dalam Melaksanakan Yadnya

 Bupati Sanjaya, Apresiasi Kekompakan Warga Desa Adat Nyatnyatan Dalam Melaksanakan Yadnya


Tabanan , Bali Kini 
– Sebagai bagian dari upaya pelestarian tradisi, adat, agama, seni dan budaya, sekaligus hadir sebagai Murdaning Jagat, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya.,SE.,M.M, Ngupasaksi dan Menandatangani Prasasti Karya Ngenteg Linggih, Mupuk Pedagingan, Caru Balik Sumpah, Mepedudusan Alit di Pura Dalem Desa Adat Nyatnyatan, Desa Gadung Sari, Selemadeg Timur Tabanan, Senin (15/7)

Acara dipuput oleh Ida Pedanda Gede Keniten Saking Griya Gede Jumpung Lebah, Timpag, di mana terselenggaranya upacara ini didasari atas gotong-royong dari warga sejumlah 84 KK, dan telah berjalan selama 5 tahun. Hal ini tentu mendapat apresiasi penuh dari Bupati Tabanan beserta jajaran. Turut hadir saat itu, perwakilan Anggota Komisi IV DPR RI, Ketua DPRD Provinsi Bali, N. Adi Wiryatama, Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, I Made Dirga dan salah satu anggotanya, Sekda dan Para Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan,  Perbekel, Bendesa Adat dan Tokoh masyarakat setempat. 

Ngenteg Linggih merupakan bagian integral dari serangkaian upacara Dewa Yadnya dalam kepercayaan Hindu Dharma. "Bagi umat Hindu, prosesi ini sangat dimuliakan dan diharapkan, karena menunjukkan dedikasi dan pengabdian yang sungguh-sungguh kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa," ujar Sanjaya saat itu yang menurutnya juga, keberhasilan penyelenggaraan Ngenteg Linggih adalah bukti nyata dari tingginya tingkat shradda bhakti atau penghormatan spiritual umat khususnya di Tabanan yang sangat komitmen melestarikan nilai-nilai adat dan agama.

Di kesempatan itu, Bupati Sanjaya  juga tidak lupa menyampaikan dukungan yang tinggi atas kerjasama dan gotong-royong yang ditunjukkan krama. “Saya atas nama Pemerintah, salut dan luar biasa memberikan apresiasi atas kekompakan, gotong-royong ini, melestarikan adat, agama dan seni budaya dalam rangka upakara Ngenteg Linggih dan urunannya serta gotong royongnya sangat luar biasa. Tugas pemerintah adalah mendampingi dan kontribusi, sehingga yadnya ini bisa terselenggara dengan baik,” tegasnya.

I Nyoman Sudimampir selaku Ketua Panitia penyelenggara yang saat itu mewakili masyarakat Desa Adat Nyatnyatan, sampaikan ungkapan terima kasihnya atas kehadiran Bupati beserta jajaran, Ngupasaksi sekaligus meresmikan Prasasti Pura Dalem Desa Adat Nyatnyatan. “Kami mewakili krama Desa Nyatnyatan sampaikan terima kasih, khususnya atas kehadiran Bapak Bupati, yang selalu memberikan perhatian dan dukungan terhadap karya yang dilakukan masyarakat. Kami juga berkomitmen untuk terus memperkuat kebersamaan dan gotong-royong dalam membangun Tabanan kedepannya,” ungkapnya. [tb]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved