-->

Minggu, 23 Juni 2024

Walikota Jaya Negara Hadiri Pemelaspas Wantilan Pura Dalem Srogsogan Padangsambian

Walikota Jaya Negara Hadiri Pemelaspas Wantilan Pura Dalem Srogsogan Padangsambian


 Ket. Foto : Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara hadiri pelaksanaan Karya Pemelaspasan Bale Wantilan Pura Dalem Srogsogan, Desa Adat Padangsambian, Minggu (23/6).

Denpasar, Bali Kini - Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara hadiri pelaksanaan Karya Pemelaspasan Bale Wantilan Pura Dalem Srogsogan, Desa Adat Padangsambian, Minggu sore (23/6).

Pelaksanaan upacara ini, karena telah rampungnya perbaikan Bale Wantilan Pura Dalem Srogsogan, dan kehadiran Walikota Jaya Negara yang juga berkesempatan bertatap muka dengan masyarakat desa setempat serta meyerahkan punia. 

"Pelaksanaan upacara keagamaan di Pura Dalem Srogsogan, Desa Adat Padangsambian ini adalah salah satu bentuk meningkatkan sradha bhakti yang ada di setiap umat," ujar Walikota Jaya Negara disela-sela pelaksanan Upacara Pemelaspasan. 

Lebih lanjut Walikota Jaya Negara menyampaikan, apresiasi atas pelaksanaan Upacara Pemelaspasan yang dilaksanakan dari komunitas masyarakat seperti pengempon pura, dan melaksanakan secara Menyama Braya yang tidak terlepas 

dari semangat gotong royong melalui Vasudhaiva Kutumbakam dalam penyelenggaraan upacara tersebut. 

 “Dalam menjalankan fungsi pemberdayaannya, Pemkot Denpasar tidak terlepas dari sektor keagamaan. Hal lain yang musti kita apresiasi adalah kemandirian masyarakat untuk penyelenggaraannya, sehingga manfaat upacara keagamaan yang dikenal dengan istilah Tri Guna Karya serta Satwika Karya dapat kita peroleh dengan baik,” kata Jaya Negara.

Walikota Jaya Negara juga mengharapkan, setelah dilaksanakannya Upacara Pemelaspasan Bale Wantilan di Pura Dalem Srogsogan, Desa Adat Padangsambian ini seluruh umat terutama penyungsung dan pengempon dapat terus meningkatkan sradha dan bhakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

“Tentu pelaksanaan Yadnya ini sebagai sarana peningkatan nilai spiritual sebagai umat beragama. Kami berharap kedepan, upacara Yadnya ini dapat memberikan energi positif yang juga dapat mendorong hal-hal baik bagi umat, serta menetralisir hal- hal negatif di lingkungan desa setempat,” katanya.

Sementara Manggala Karya, I Nyoman Sukasada, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Denpasar, terutama Walikota Denpasar yang telah berkenan hadir dan memberikan stimulannya.

“Kami pemgempon Pura Dalem Srogsogan sangat berterima kasih dengan hadirnya Bapak Walikota Denpasar, yang juga sekaligus memberikan dukungan kepada kami  dalam proses pembuatan bale wantilan ini. Dengan berlangsungnya upacara ini, harapan kami kedepannya dapat bersama-sama masyarakat, bahwa semua tempat yang kita sucikan itu harus dan wajib dijaga, baik keindahan maupun kebersihannya,” katanya. (ays).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved