-->

Kamis, 13 Juni 2024

Peran Penting BI Dalam Tingkatkan UMKM Ke Pasar Internasional

 Peran Penting BI Dalam Tingkatkan UMKM Ke Pasar Internasional


Denpasar ,Bali Kini -
Peran Bank Indonesia dalam pertumbuhan ekonomi Bali sangat penting, terutama dalam meningkatkan kapasitas UMKM dan membuka akses pasar internasional. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui promosi perdagangan Bali Jagadhita. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali secara terus-menerus menyelenggarakan kegiatan promosi perdagangan, seperti yang baru-baru ini dilakukan di Living World Mall Denpasar pada Rabu, 12 Juni 2024.


Kegiatan Bali Jagadhita V tahun 2024 ini merupakan bagian dari serangkaian promosi perdagangan yang terintegrasi, yang bertujuan untuk mendukung pariwisata dan sektor UMKM, khususnya dalam bidang pasar oleh-oleh. Pertemuan antara pelaku UMKM dari berbagai kabupaten di Bali dengan pedagang pasar oleh-oleh yang terkenal di Bali membuka peluang baru bagi UMKM yang belum banyak terjamah dalam pemasaran. Diskusi yang berlangsung di Living World Mall Denpasar, membawa angin segar bagi perkembangan UMKM di Bali.


Menurut Andy Setyo Biwando, Deputi Direktur BI Provinsi Bali, kegiatan seperti ini sangat membantu dalam memfasilitasi komunikasi antara pemilik toko oleh-oleh seperti Krisna dan Bintang Supermarket dengan harapan dapat memberikan pemahaman kepada UMKM binaan Bank Indonesia untuk memasarkan produk mereka ke pasar oleh-oleh di tengah persaingan yang ketat. Andy juga mengakui bahwa kegiatan semacam ini telah membantu banyak UMKM untuk berkembang lebih baik dalam waktu yang singkat. "Harapan saya dengan adanya Talkshow seperti ini dan dengan diskusi UMKM ini, mudah-mudahan produknya dapat masuk ke supermarket atau toko biasa. Dan mereka harus menyiapkan produknya lebih baik dan memenuhi standar, " Katanya. 


Foto : Andy Setyo Biwando, Deputi Direktur BI Provinsi Bali

Sementara itu, menurut salah satu pemilik supermarket terkenal yang akrab dipanggil Nevi, para pelaku UMKM perlu tetap berkomitmen untuk berinovasi meskipun dihadapkan pada banyak rintangan dalam mencapai kesuksesan. Nevi menekankan pentingnya untuk tidak kalah dengan merek-merek UMKM nasional lainnya yang banyak beredar di pasaran, dan mendorong para pelaku UMKM untuk mencari keunikan produk agar dapat bersaing baik di tingkat nasional maupun internasional.


Tidak hanya itu, pihak lain seperti Ida Ayu Komang Firda Wirawati dari Krisna oleh-oleh juga mengajak pelaku usaha UMKM untuk lebih tekun dalam menghadapi tantangan di lapangan. Ia menekankan pentingnya untuk beradaptasi dengan perkembangan jalan dalam pemasaran, termasuk kemajuan dunia digitalisasi.


Kegiatan promosi perdagangan dalam rangkaian Bali Jagadhita bertujuan untuk meningkatkan kapasitas UMKM, memperluas akses pemasaran ke pasar domestik dan global, meningkatkan pemanfaatan digitalisasi, serta memfasilitasi business matching dan pembiayaan dengan lembaga formal. (ar/rt)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved