-->

Selasa, 18 Juni 2024

Ketua PHRI Karangasem Beber Pencanangan Proyek Konservasi Pantai Candidasa

Ketua PHRI Karangasem Beber Pencanangan Proyek Konservasi Pantai Candidasa


Karangasem, Bali Kini -
Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Karangasem, I Wayan Kariasa membeberkan  pencanangan proyek konservasi pantai Candidasa dalam upaya mengembalikan  pasir pantainya yang putih seperti semula. 


Proyek konservasi yang telah lama dibahas sejak tahun 2012 akhirnya menjadi kenyataan tahun ini. Konservasi sepanjang 5,5 kilometer akan dilakukan disepanjang pantai dari ujung selatan Hotel Puri Bagus Karangasem hingga Hotel Alila, proyek ini ditangani oleh tim dari Jaika Japan International Conservation Association. Bahkan rancangan proyek ini telah dibahas serta sudah mendapat kunjungan dari pihak terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup Provinsi, guna membahas kelanjutan stok pasir dalam jangka panjang yang telah ditetapkan.


"Diharapkan proyek ini dapat terwujud mulai bulan Juli 2024 dengan perkiraan waktu pengerjaan selama 3 tahun," ungkap I Wayan Karisa, Selasa (18/6/2024). Upaya ini bertujuan untuk mengembalikan pasir putih pantai Candidasa, yang diharapkan dapat mendongkrak ekonomi pariwisata di Karangasem.


Pantai Candidasa merupakan salah satu dari sedikit pantai berpasir putih di Bali yang tidak terpengaruh abrasi alam maupun kegiatan ekonomi masyarakat sekitar. Saat ini, telah dilakukan pembahasan untuk menempatkan posisi pasir untuk 25 tahun ke depan dengan mengambil pasir dari stok file di Desa Bugbug, yang merupakan lokasi milik provinsi.


Proyek ini melibatkan banyak praktisi lingkungan dan LSM di bidang lingkungan untuk memastikan restorasi karang yang baik, juga melakukan pelebaran sekitar 30 meter dari bibir pantai dan pembangunan jogging track sepanjang 5 kilometer untuk kenyamanan wisatawan dan masyarakat lokal.


"Konservasi ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat bagi keindahan alam Bali, tetapi juga bagi ekonomi dan kehidupan masyarakat lokal, dan harapannya, setelah selesai proyek ini, pariwisata tidak lagi timpang ke arah Selatan saja, "tambah I Wayan Karissa. (Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved