-->

Jumat, 07 Juni 2024

Karangasem Dikepung Bencana Akibat Hujan, Bupati Gede Dana Turun Tangan

 Karangasem Dikepung Bencana Akibat Hujan, Bupati Gede Dana Turun Tangan


Karangasem, Bali Kini -
Bencana kepung kabupaten Karangasem akibat hujan yang hanya berlangsung semalam. Dengan sigap, Bupati Karangasem, I Gede Dana, langsung turun ke lapangan memantau kondisi warganya, Jumat (7/6/2024).


Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa melaporkan adanya banjir dan tanah longsor akibat hujan deras yang mengguyur sejak, Kamis (6/6/2024)di sejumlah titik di wilayah Karangasem.


Luapan air besar mengakibatkan kemacetan parah di jalur Sengkidu hingga Ulakan, Kecamatan Manggis. Selain itu, tanah longsor juga terjadi di ruas jalan Nasional Sang Hyang Ambu menuju arah Denpasar di Kecamatan Karangasem, yang menambah parahnya situasi lalu lintas di wilayah tersebut.


Tidak hanya sekadar memantau, Bupati Dana juga turut serta dalam kegiatan gotong royong membersihkan material longsor. Beliau didampingi oleh personel BPBD, Tagana, TNI-Polri, serta masyarakat setempat. Upaya pembersihan ini dilakukan untuk memperlancar arus lalu lintas dan segera mengurai kemacetan yang terjadi.


Material longsor yang deras mengalir dari hulu ke hilir menyebabkan sejumlah rumah warga di daerah hilir ikut terdampak. Salah satu wilayah yang paling parah terkena dampaknya adalah Dusun Belong, Banjar Dinas Belong, Desa Bubug.


Setelah selesai membantu membersihkan material longsor, Bupati Dana juga menyempatkan diri untuk menjenguk warganya yang terdampak bencanabencana sembari memberikan bantuan berupa uang tunai kepada warga yang terkena dampak agar dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan mendesak mereka.


"Bencana banjir dan longsor yang terjadi ini menjadi pengingat akan pentingnya kebersamaan dan gotong royong dalam menghadapi berbagai tantangan. Pemerintah Kabupaten Karangasem terus berupaya untuk memberikan bantuan dan solusi terbaik bagi warga yang terkena dampak bencana," ujar Bupati Dana. (Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved