-->

Sabtu, 11 Mei 2024

Syarat Calon Bupati Karangasem Jalur Independen, Harus Sertakan 33.051 KTP Lengkap Dengan Surat Dukungan

 Syarat Calon Bupati Karangasem Jalur Independen, Harus Sertakan 33.051 KTP Lengkap Dengan Surat Dukungan


Karangasem, Bali Kini
- KPU Kabupaten Karangasem laksanakan sosialisasi Tahapan pencalonan perseorangan dalam pemilihan Bupati dan wakil Bupati (Pilkada) yang akan diadakan di Bulan November 2024 mendatang. 


Sosialisasi dilaksanakan di Taman Surgawi Resort and Spa, Jumat (3/5/2024) diikuti oleh undangan seperti para Camat, para lurah, MDA, FKUB, Forpela, Peradah,  KMHDI dan lain sebagainya. 


Usai sosialisasi berlangsung, disampaikan Ketua KPU Kabupaten Karangasem, I Putu Darma Budiasa pada awak media jika dalam pencalonan melalui jalur independen maka beberapa persyaratan harus dipenuhi. 


"Karena mereka tidak mempunyai "kendaraan" (partai-red) maka mereka harus memenuhi persyaratan dukungan. Syarat dukungan ini harus sesuai jumlahnya DPT di Kabupaten Karangasem, yakni antara 200.000 hingga 500.000 itu maka harus mendapat dukungan 8,5%, " Tandasnya. Di Kabupaten Karangasem sendiri terdapat jumlah pemilih tetap atau DPt ada sebanyak 388.854 dan calon pasangan Bupati yang mendaftar lewat jalur independen harus memenuhi syarat mencapai dukungan KTP sebanyak 8,5% atau sebanyak lebih dari 33.000 KTP. 


"Selain jumlah KTP juga memerlukan surat dukungan dari masing-masing penyerahan KTP dan harus tersebar minimal minimal di 5 kecamatan, itu karena kita terdiri dari 8 kecamatan," Sambungnya. 


Penyerahan dukungan ke KPU Kabupaten Karangasem bagi Calon independen dapat dimulai ditanggal 8 sampai 12 Mei 2024. Untuk penyerahan diterima di jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Namun khusus di tanggal 12 atau akhir hari pendaftaran, KPU akan menunggu daftarkan hingga tengah malam.


"Sesuai dengan ketentuan, KPU Kabupaten Karangasem akan mengecek terlebih dahulu apakah dukungan itu sudah sesuai dengan administrasi atau belum. Jika sudah dipenuhi administrasinya maka kita akan melaksanakan verifikasi secara faktual," Katanya. Dalam proses verifikasi faktual kami akan turun ke semua pendukung yang disetorkan calon independen tersebut. (Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved