-->

Jumat, 31 Mei 2024

Sebanyak 1.283 Wisudawan Unwar Dilepas Dalam Gelar Wisuda Ke-75 Periode II 2024

Sebanyak 1.283 Wisudawan Unwar Dilepas Dalam Gelar Wisuda Ke-75 Periode II 2024


Nusa Dua , Bali Kini -
Universitas Warmadewa (Unwar) menggelar upacara wisuda ke-75 Periode II Tahun 2024, Jumat (31/5) ini. Berbeda dari wisuda periode sebelumnya, kali ini sebanyak 1.283 wisudawan mengikuti upacara wisuda di The Westin Resort - Nusa Dua. Para wisudawan akan dilepas langsung oleh Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP. 


Dari 1.283 wisudawan, terdiri dari 251 orang dari Fakultas Hukum, 689 orang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 60 orang dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 81 orang dari Fakultas Sastra, 47 orang dari Fakultas Teknik dan Perencanaan, 21 orang dari Fakultas Pertanian, 1 orang dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 132 orang dari Fakultas Pascasarjana, dan 1 orang dari Fakultas Vokasi.


Lulusan terbaik untuk program sarjana (S1) diraih oleh Ni Kadek Megian Dani, S.AP., dari Prodi Administrasi Negara FISIP dengan IPK: 4.00 (Dengan Pujian), Program Magister (S2) diraih oleh Ni Nyoman Trisnayanthi, SE.,MM., dari Prodi Magister Manajemen dengan IPK: 4.00 (Dengan Pujian), dan Program Doktor (S3) diraih oleh Dr. Ni Luh Made Elida Rani, SH.,MH., dari Prodi Hukum Program Doktor dengan IPK: 4.00 (Dengan Pujian).


Dalam konferensi persnya pada Senin (27/5), Rektor Unwar, Prof. Pandit mengatakan bahwa para wisudawan ini telah mendapatkan Ijazah dan transkrip nilai dicetak dalam billingual (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) serta Buku Wisudawan yang saat ini sudah dapat diakses secara digital melalui website Simon Warmadewa. Hal ini dilakukan rangka mendukung kampus digital dan gerakan paperless. “Sampai saat ini, dengan dilepasnya wisudawan pada hari ini maka jumlah alumni sebanyak 43.245 orang, dan alumni ini merupakan aset yang harus dirangkul dan mempunyai potensi besar untuk diberdayakan agar berkontribusi untuk pengembangan Universitas Warmadewa,” ujar Prof. Pandit.


Diungkapkan, dari hasil tracer studi terakhir yang dilakukan pada tahun 2023 untuk lulusan tahun 2021 ini yang telah mendapat pekerjaan 88,4%, masa tunggu lulusan 2,73 bulan, dan kesesuaian bidang kerja 85,60%. Jumlah alumni bekerja pada perusahan regional 44,5%, nasional 54,5%, dan internasional 1%. Untuk kinerja lulusan pada beberapa instansi 99,80% berkinerja katagori sangat puas dan puas.


Hak ini tidak terlepas dari upaya terbaik yang terus dilakukan Unwar untuk meningkatkan kualitas mutu Tri Dharma. Dimana, sepanjang tahun 2023 Unwar telah melakukan berbagai kerjasama dengan mitra di tingkat lokal, nasional, hingga internasional. Pada tingkat lokal telah terjalin 80 MoU dengan 104 jumlah kegiatan, di tingkat nasional terdapat 36 MoU dengan 67 jumlah kegiatan, sedangkan ditingkat Internasional memiliki 13 MoU dengan 32 jumlah kegiatan. Sehingga, pada saat ini Unwar telah memiliki MoU dengan 129 mitra kerjasama baik di dalam dan luar negeri, dengan total jumlah implementasi sebanyak 203 jenis kegiatan dengan tambahan mitra baru 18 mitra di Tahun 2024. Bahkan, implementasi kerjasama ini tidak hanya di bidang Tri Dharma, tetapi juga membuahkan hasil berupa produk binaan seperti Air Mineral “Tirta Unwar” dan Endek Bali.


Luaran bidang kemahasiswaan sepanjang tahun 2023 berhasil meraih prestasi akademik internasional sebanyak 35 prestasi, non-akademik sebanyak 13 prestasi. Selanjutnya, prestasi akademik nasional sebanyak 46 prestasi, dan non- akademik sebanyak 108 prestasi. Di tahun 2024 sejauh ini telah berhasil meraih prestasi akademik internasional sebanyak 8 prestasi, non-akademik sebanyak 3 prestasi. Prestasi non akademik nasional sebanyak 26 prestasi dan akan terus bertambah sampai akhir tahun nanti.



Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Prof. Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan, orangtua dan keluarga, sembari mengucap syukur atas keberhasilan yang diraih. Ia berpesan agar para alumni memiliki karakter sapta bayu, critical thinking, cerdas, inovatif, solutif, dan profesional. Dengan keunggulan yang dimiliki ini, diharapkan mampu mengembangkan potensi, memenangkan kompetisi guna meraih cita-cita. “Kita yakin dan percaya dengan kekuatan Sapta Bayu sebagai Spirit Sri Ksari Warmadewa, didukung oleh soliditas, solidaritas dan saling percaya, kita mampu menjadikan Warmadewa sebagai Perguruan Tinggi terkemuka dambaan masyarakat,” ujarnya.


Kepala LLDIKTI Wilayah VIII, Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T., M.T., berpesan agar para wisudawan tidak pernah berhenti belajar dan menyerap ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang begitu sangat cepat dan pesat di era saat ini. Sebab, tatkala menjadi mahasiswa di lembaga pendidikan tinggi, ruang lingkup tantangan yang dihadapi masih relatif terbatas, jika dibandingkan dengan tantangan di lingkungan ranah kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, setelah diwisuda harus terus meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuannya, sehingga mampu menjadi generasi muda penerus pembangunan dan pemegang estafet kepemimpinan untuk dapat menjadi pribadi-pribadi yang tangguh dan unggul.[rl/*]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved