-->

Rabu, 29 Mei 2024

Bupati Gede Dana Resmi Melepas Keberangkatan Jamaah Haji Karangasem ke Kota Makkah

Bupati Gede Dana Resmi Melepas Keberangkatan Jamaah Haji Karangasem ke Kota Makkah


Karangasem, Bali Kini -
Bupati Karangasem, I Gede Dana, secara resmi melepas rombongan calon jamaah haji Kabupaten Karangasem di Lapangan Tanah Aron, Amlapura, pada Rabu (29/5/2024). Rombongan tersebut akan menuju Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, untuk bergabung dengan Kelompok Terbang Embarkasi Juanda, Surabaya.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Gede Dana mengapresiasi semangat para jamaah haji Karangasem untuk berangkat haji, meskipun ada jamaah yang berusia 70 tahun. "Semoga musim haji tahun depan, kuota haji untuk Kabupaten Karangasem ditambah. Sebab, kasihan ada yang masuk daftar antre hingga 27 tahun," ujar Gede Dana, sambil mengharapkan Panitia Haji Karangasem bisa memperjuangkan penambahan kuota haji untuk mengurangi panjangnya antrean.


Bupati Gede Dana juga berpesan kepada seluruh jamaah haji untuk senantiasa menjaga kesehatan, fokus melaksanakan ibadah, dan mengikuti seluruh aturan, saran, serta panduan dari pimpinan haji yang ditugaskan di Masjidil Haram. Untuk pemberangkatan jamaah haji dari Kabupaten Karangasem menuju Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Bupati Karangasem memfasilitasi satu unit bus yang nyaman dengan fasilitas lengkap untuk rombongan jamaah haji. Terakhir, beliau mendoakan semoga jamaah haji nantinya bisa menjadi haji yang mabrur.


Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem, I Wayan Srinada, menyampaikan bahwa berdasarkan KMA RI Nomor 1005 Tahun 2003, kuota provinsi sebanyak 732 orang, sementara calon jamaah haji yang berhak melunasi pada tahun 2024 ini sebanyak 31 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 16 pria dan 15 wanita, dengan jamaah termuda berusia 35 tahun dan jamaah tertua berusia 79 tahun.


“Seluruh jamaah haji yang berangkat tahun ini dipastikan sudah menjalani pemeriksaan kesehatan, mendapatkan suntikan vaksin meningitis, serta mengikuti bimbingan manasik haji,” sebutnya.


Untuk musim haji tahun 2024 ini, Kabupaten Karangasem belum mendapatkan tambahan kuota haji meskipun secara nasional kuota haji bertambah. Namun, jumlah jamaah haji yang bisa berangkat meningkat dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun 2023, jumlah jamaah haji yang berangkat sebanyak 24 orang, sementara untuk musim haji tahun ini, ada sebanyak 31 orang yang dapat menunaikan ibadah haji.


Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan, seluruh calon jamaah haji Kabupaten Karangasem dinyatakan sehat dan mampu melaksanakan rangkaian ibadah haji di Masjidil Haram dan tempat-tempat suci lainnya di Kota Makkah Al-Mukaromah sesuai dengan syarat dan rukun haji.


Sesuai rencana, jamaah haji Karangasem akan masuk Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, pada tanggal 30 Mei, dan pemberangkatan jamaah haji ke Arab Saudi sesuai jadwal pada 31 Mei 2024 pukul 10.50 WIB. (Prokopim )*

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved