-->

Minggu, 28 Januari 2024

Studi Tiru PKK Kabupaten Karangasem di Lombok Barat: Memperkaya Program Pengembangan dan Ekonomi Kreatif

Studi Tiru PKK Kabupaten Karangasem di Lombok Barat: Memperkaya Program Pengembangan dan Ekonomi Kreatif


Karangasem, Bali Kini
- Tim Penggerak PKK Kabupaten Karangasem, yang dipimpin oleh Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Karangasem bersama dengan 13 pengurus/anggota, melaksanakan kegiatan fasilitasi dan pendampingan studi tiru ke Lombok Barat pada tanggal 25-27 Januari 2023. Dalam rombongan tersebut, terdapat pula unsur DPMD sebanyak 7 orang.

Rombongan PKK Kabupaten Karangasem disambut hangat di Kantor Bupati Lombok Barat oleh Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Lombok Barat (Erni zuhara Ilham) bersama jajaran pengurus, DPMD Kabupaten Lombok Barat, dan GOW. Momen ini menjadi awal dari penyampaian maksud dan tujuan studi tiru oleh Ketua TP PKK Kabupaten Karangasem serta paparan program kerja dan prestasi TP PKK Kabupaten Lombok Barat yang disampaikan oleh Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Lombok Barat.

Hari pertama kegiatan melibatkan kunjungan ke Desa Gunung Sari, yang telah meraih predikat UP2K terbaik tingkat nasional. Rombongan PKK Kabupaten Karangasem diterima oleh Camat dan Kepala Desa Gunung Sari, bersama dengan TP PKK Kecamatan dan Desa. Sekdis PMD Kabupaten Karangasem menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan, diikuti oleh sambutan dan paparan potensi Desa Gunung Sari dari Kepala Desa. Rombongan juga melihat langsung stand produk unggulan UP2K di Desa Gunung Sari.

Hari kedua fokus pada studi tiru produk ekonomi kreatif, terutama tas anyaman dari bahan pandan, bambu, dan kerajinan tenun di daerah Gerung serta sentra-sentra kerajinan terkait. Rombongan PKK Kabupaten Karangasem mendapatkan wawasan mendalam mengenai teknik pembuatan tas anyaman dan proses produksi kerajinan tenun yang khas dari daerah tersebut.

Nyonya Nuriasih Gede Dana berharap, kegiatan ini l dapat memberikan inspirasi dan pengetahuan baru bagi PKK Kabupaten Karangasem dalam mengembangkan program pengembangan dan ekonomi kreatif di wilayah mereka. 

"Studi tiru ini menjadi momentum penting dalam memperkaya pengalaman serta mendukung upaya PKK dalam memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup," ujarnya. (Rls) 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved