-->

Jumat, 19 Januari 2024

Bupati Gede Dana Pimpin Rapat Forkopimda: Penanganan Isu Penting Jelang Pemilu

Bupati Gede Dana Pimpin Rapat Forkopimda: Penanganan Isu Penting Jelang Pemilu


Karangasem, Bali Kini
- Bupati Karangasem I Gede Dana memimpin rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Makodim 1623 pada Kamis (18/1/2023). Rapat tersebut menjadi forum diskusi antara Bupati, pejabat instansi, dan pimpinan daerah terkait isu-isu krusial menjelang Pemilu 2024 di Kabupaten Karangasem.


Dalam rapat ini, beberapa isu dan situasi terkini dibahas secara mendalam. Pertama, permasalahan keamanan terkait sidang kasus kerusakan dan pembakaran di Neano Resort Njung Awit Desa, Bugbug. Kedua, keamanan sidang perdata terhadap keliang desa adat, Bugbug. Isu ketiga mencakup kegiatan kampanye politik, sementara yang keempat adalah pendistribusian kotak suara dan surat suara untuk Pemilu 2024.


Bupati Gede Dana menegaskan urgensi perluasan partisipasi dalam Forkopimda dengan melibatkan berbagai instansi seperti KPU, Bawaslu, Satpol PP, Kesbangpol, perhubungan dan pejabat hukum. Dalam arahannya, Bupati menggarisbawahi pentingnya menangani masalah keamanan sebagai prioritas utama. Gede Dana juga memberi apresiasi kepada Kapolres atas pengamanan sidang yang sukses.


Pentingnya antisipasi masa kampanye juga disoroti, dengan penekanan pada koordinasi yang baik dalam pemasangan atau pencabutan atribut kampanye untuk mencegah miskomunikasi antar partai politik. Bupati mengajak Kesbangpol untuk mencegah dini dan satpol PP untuk tetap berkomunikasi dengan TNI Polri.


Rapat juga menyoroti isu-isu sensitif seperti masalah adat dan tapal batal yang bisa menjadi potensi konflik. Bupati berharap pihak terkait dapat membantu mengidentifikasi akar masalah dan mencegah politisasi.


"Dalam menghadapi musim penghujan, harap tingkatkan koordinasi dengan Dinas PUPR, BPBD, dan instansi terkait untuk mengantisipasi potensi bencana yang dapat mengganggu jalannya Pemilu di Karangasem," Katanya. Upaya ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kelancaran pelaksanaan pesta demokrasi di tengah dinamika masyarakat. (Rls) 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved