-->

Kamis, 11 Januari 2024

296 Napi Di Lapas Karangasem Akan Ikuti Pemilu Di TPS Khusus 901

 296 Napi Di Lapas Karangasem Akan Ikuti Pemilu Di TPS Khusus 901


Karangasem, Bali Kini -
Gencarkan sosialisasi ke berbagai kalangan masyarakat, KPU Kabupaten Karangasem sasar sosialisasi pemilu 2024 ke para Napi di Lapas Kelas IIB Kabupaten Karangasem, Kamis (11/1/2024). 

Ratusan napi menjadi peserta sosialisasi, dimana I Kadek Sukara sebagai komisioner menjelaskan terkait regulasi pemilihan yang akan dilaksanakan di TPS khusus di Lapas dengan kode 901 pada 14 Februari 2024 mendatang. 

"Waktunya di efektifkan atau disingkat karena kita sosialisasi dengan warga binaan. Sosialisasi ini memang permintaan dari LP jadi kami harus mengagendakan. Karena ini TPS khusus, kami menginformasikan segala informasi yang seharusnya mereka terima daripada calon pemilih itu sendiri, karena kendalanya itu mereka sangat minim mendapatkan background calon itu sendiri. Namun di sini Kami hanya bisa menyampaikan jumlah paslon untuk Presiden itu ada tiga pasangan, untuk DPD ada 17 kemudian partai ada 18 dan lain sebagainya, " Kata I Kadek Sukara, Komisioner KPU Kabupaten Karangasem. 

Namun, karena dalam lembaga pemasyarakatan tersebut napi berasal dari berbagai wilayah, maka surat suara yang didapat tidak utuh, mengikuti KTP mereka masing-masing. 

"Bahkan ada yang dari provinsi lain, ya mereka dapatkan hanya surat suara presiden, kemudian yang berasal dari luar kabupaten mereka hanya mendapatkan surat suara, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD dan Presiden. Begitupula napi yang berasal dari Kecamatan Karangasem, maka mereka mendapat surat suara yang utuh, " Tandasnya. 

Pihaknya mengatakan, sebagai penyelenggara Pemilu 2024, maka segala regulasinya akan dipastikan berjalan dengan baik. Baik dari petugas KPPS-nya yang harus paham segala regulasi pencoblosan, surat suara dan sebagainya, hingga kepada kelancaran pemilihan di TPS khusus tersebut. 

"Pemahaman mereka (petugas KPPS) harus komplit, menyangkut dengan surat suara dan tata cara pencoblosan karena sebelumnya tidak pernah ada masalah dan berjalan dengan lancar maka kami harap nanti juga akan berjalan lancar," Tegas Sukara. Demi kelancaran tersebut maka pihaknya akan lebih intens lagi untuk berkomunikasi dengan LP-Karangasem terkait Pemilu itu sendiri. 

Sementara, Ketua TPS Lapas 901, I Ketut Kawidana mengatakan jika jumlah dari pemilih di Lapas Karangasem ialah 296 orang termasuk dari LP anak yang terdiri dari pemilih baru. "Disebut TPS Khsusus karena ada didalam Lapas, terkait pengamanan ada pengamanan khusus juga bagian dari anggota TPS dan Satgas petugas jaga. Untuk penyelenggara pun berasal dari pegawai Lapas sendiri, " Jelas Kawidana. (Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved