-->

Sabtu, 16 Desember 2023

Puncak Karya Agung di SMA Negeri 1 Amlapura, Dihadiri Alumni Angkatan '98

Puncak Karya Agung di SMA Negeri 1 Amlapura, Dihadiri Alumni Angkatan '98


Karangasem, Bali Kini -
Puncak Karya Agung, Sepisan Ngaturang Karya Bumi Suda (Presawiya) SMA Negeri 1 Amlapura dilaksanakan pada Sabtu (16/12/2023). Dimana rangkaian Karya Agung ini ialah Numbung Pedagingan, Rsi Gana, Melaspas, Masesapuh, mecaru manca sanak, lan bumi suda yang dilaksanakan SMA Negeri 1 Amlapura dimulai pada 8 Desember 2022 dan akan berakhir pada 20 Desember mendatang. Sementara, persiapan upacara telah dilaksanakan dari tanggal 1 April - 30 November 2023 lalu. 


Dihadiri oleh Bupati Karangasem I Gede Dana, pihak Polres Karangasem, dan undangan lainnya turut mengikuti rangkaian upacara persembahyangan bersama yang dilaksanakan bertepatan pada Rahina Saba dewasa Saniscara Umanis, Watu Gunung atau bertepatan dengan Hari Raya Saraswati. 


Kepala sekolah SMA Negeri 1 Amlapura, Drs.I Ketut Marta Ariana dalam sambutannya mengatakan jika pelaksanaan Upacara Karya Agung mengambil filsafat teori-teori Bhagawadgita, dimana proses upacara ini diyakini akan menjadikan para siswa berada dalam lingkungan Nirwana untuk senantiasa terus bergerak membudayakan prestasi. 


"Upacara Karya Agung ini mengambil filsafat teori-teori Bhagawadgita menyatakan sekecil apapun yang ada di sekitar kita itu akan berpengaruh besar terhadap proses pembelajaran dan hasil akhir dari pendidikan itu sendiri demikian pula teori kuantum learning kita harus memberikan sentuhan memberikan optimalisasi segala sesuatu yang berpengaruh terhadap proses pembelajaran, bila hal itu kita laksanakan, kita yakin siswa-siswa kita berada pada lingkungan yang benar-benar dalam suasana positif bukan saja seperti Ki Hajar Dewantara yang menyatakan seperti berada di Taman Siswa tetapi juga seperti berada di Nirwana Siswa," Tandasnya. 


Sementara itu, di akhir acara alumni SMAN 1 Amlapura angkatan 1998 juga hadir untuk mengikuti proses upacara ini. Diwakilkan oleh 5 orang alumni yang seluruhnya telah sukses dibidangnya masing-masing. Para alumni ini memberikan plakat dan sejumlah dana punia dan diterima langsung oleh kepala Sekolah SMA Negeri 1 Amlapura. 


"Ini spontanitas kami karena pernah mengenyam pendidikan di sini, kami ingin ikut berpartisipasi dengan cara berdonasi walaupun tidak banyak tapi yang penting makna dan niatnya, agar tetap nyambung dengan almamater. Kedepannya mudah-mudah kami almamater '98 tetap kompak berkontribusi. Dan semoga sekolah kita ini kedepannya lebih baik," Tandas Ir. I Putu Wisnu Sulastiawan, salah satu alumni yang saat ini bekerja sebagai Kontraktor. (Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved