-->

Kamis, 28 Desember 2023

Proyek Pemasangan Lampu Hias Senilai 2,9 Milyar Di Sepanjang Kota Amlapura Mandek

 Proyek Pemasangan Lampu Hias Senilai 2,9 Milyar Di Sepanjang Kota Amlapura Mandek


Karangasem, Bali Kini
- Proyek Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) Hias yang rencananya memenuhi sepanjang jalan Kota Karangasem, mandeg. Dari 86 tiang lampu hias yang akan dipasang, hanya 6 tiang lampu yang sudah rampung dikerjakan. Waktu pengerjaan selama 35 hari terhitung dari tanggal 24 November 2023 tidak dapat dituntaskan oleh rekanan proyek dikarenakan adanya keterlambatan. 


Padahal, nilai dari proyek ini ialah 2.9 Milyar Rupiah.


Hal ini dijelaskan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karangasem Tjok Surya Dharma, Kamis (28/12/2023). "Karena belum selesai dimana batas waktu yang seharusnya hari ini yakni 28 November 2023, dan ini sudah memasuki akhir tahun, maka dilakukan adendum, " Katanya. Adendum berupa denda sebesar 5 persen/hari harus dibayarkan rekanan proyek hingga waktu pemasangan Lampu Hias selesai dipasang. 


"Mengenai sistem pembayaran, dikarenakan keterlambatan ini, maka sesuai mekanisme yang ada kami berkoordinasi dengan BPD dan BPKAD, maka akan akan masuk pembayaran tahun 2024. Yakni setelah pengesahan APBD 2024 berjalan," Tandasnya. Ini dikarenakan dana yang seharusnya diperuntukkan untuk proyek tersebut, berubah menjadi SiLPA. 


Sementara itu, menurut Kadis Perhubungan, pemasangan sejumlah 86 titik lampu hias jalan raya yang akan dipajang sepanjang jalan Ahmad Yani, Jasri hingga Padangkerta ini sebenarnya persiapannya telah berjalan hingga 92 persen. "Lampu sudah ada, pondasi juga sudah siap dan bahkan sudah kering, tinggal kita menunggu tiangnya dikirim oleh expedisi. Keterlambatan ini karena expedisinya tidak bisa menyebrang pasca Natal dan Tahun Baru," Terangnya. 


Selanjutnya, untuk detail jenis lampu hias jalan kota ini memiliki tinggi 9 meter. Dilengkapi panel surya dan lampu LED dengan jumlah daya 100 watt. Pemasangannya sendiri berdiri diatas jalan trotoar dan diberi jarak 40-50 meter per-titik pemasangan. (Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved