-->

Selasa, 26 Desember 2023

Polres Karangasem Terangkan Kasus Menonjol Di Tahun 2023 Dan Resolusi Tahun 2024

Polres Karangasem Terangkan Kasus Menonjol Di Tahun 2023 Dan Resolusi Tahun 2024


Karangasem, Bali Kini -
Polres Karangasem gelar press rilis akhir tahun bersama awak media, Selasa (26/12/2023) di Polres Karangasem. 


Kapolres Karangasem, AKBP I Nengah Sadiarta menerangkan di Kabupaten Karangasem sendiri, kasus kriminalitas meningkat 26% dari tahun sebelumnya. Jenis kasus yang paling tinggi dalam pidana kriminalitas ialah kasus tindak pidana pencurian, disusul dengan kasus penganiayaan kemudian kasus curanmor. Dimana faktor penyebabnya macam-macam, seperti dalam kasus pencurian, kebanyakan dikarenakan masalah ekonomi. 


Sementara, untuk pengungkapan kasus Narkotika di Tahun 2023 menurun di banding tahun 2022. Dimana, tahun 2022 kasus yang terungkap sebanyak 24 kasus sedangkan 2023 terungkap 21 kasus. "Khusus kejahatan transnasional Narkotika ini, resolusi kami di tahun 2024 ialah meningkatkan secara kuantitas maupun kualitas. Data di tahun 2023 pengedar itu baru 4 tersangka yang berhasil dibuka. Kami akan memaksimalkan nanti di tahun 2024 secara kualitas minimal jumlah pengedar lebih banyak ditangkap daripada pengguna. 


Sementara, dari anatomi kejahatan yang menjadi perhatian atau daerah rawan adalah daerah pemukiman. Karena, secara lokasi daerah pemukiman yang sering terjadi tindak kejahatan. "Makanya nanti perhatian kita adalah peningkatan patroli pada pemukiman tahun 2024 ini kami akan tingkatkan dengan strategi patroli baik itu patroli dengan sistem lompat kodok atau sistem sodok, " Tandasnya. 


Selanjutnya, Kapolres yang dulunya menjabat di Kabupaten Klungkung ini juga membeberkan terkait kasus apa saja yang menonjol di sepanjang tahun 2023, diantaranya 2 kasus bencana alam Longsor yang menewaskan 3 orang, 5 kasus pelecehan anak dibawah umur, konflik sosial Desa Adat, serta kasus lakalantas yang menewaskan 6 orang serta 8 orang luka-luka. 


Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Karangasem juga membeberkan segudang prestasi yang diraih Polres Karangasem sepanjang 2023. Salah satunya ialah Saker penginput aplikasi Sirena terbaik di jajaran Polda Bali, peringkat satu penanganan pengaduan masyarakat dan masih banyak lagi. (Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved