-->

Selasa, 19 Desember 2023

Perdana, Dukuh Penaban Laksanakan Lontar Culture Experience Ada Bedah Lontar, Musik Hingga Camp Area

 Perdana, Dukuh Penaban Laksanakan Lontar Culture Experience Ada Bedah Lontar, Musik Hingga Camp Area


Karangasem, Bali Kini -
Museum Pustaka Lontar Dukuh Penaban rancang Festival bertajuk Lontar Culture Experience yang akan dilaksanakan selama 7 hari dimulai dari tanggal 27 Desember 2023 - 2 Januari 2024 mendatang. 


Event yang dilaksanakan secara perdana ini menonjolkan potensi lokal yang ada seperti bedah lontar dan menulis aksara di lontar. Serta menyajikan hiburan seperti musik artis Lokal Bali, Pameran Photography, stand kuliner, hingga area untuk Camping yang bisa disewa para pengunjung yang mau menikmati malam di Areal Festival Museum Lontar Penaban. 


Bendesa Adat Dukuh Penaban I Nengah Suarya berjanji jalannya event akan berjalan spektakuler. "Tunggu saja nanti akan ada banyak kejutan selama event berlangsung, " Tandasnya dalam Press conference yang diadakan pada Selasa (19/12/2023) di Restauran Bali Asli. 


Tujuan utama event ini dilaksanakan ialah sebagai upaya untuk tetap melestarikan dan menjaga lontar yang saat ini sudah mulai terlupakan akibat perkembangan zaman. Lebih tepatnya pelestarian dan penyelamatan. 


"Kami mengambil Konsep Tri semaya, masa lalu,masa kini, dan masa datang. Harapan kami semakin tinggi masyarakat sadar bahwa lontar bukan sekadar goresan tapi juga catatan yang punya historys yang berkelanjutan. Lontar ini akan membedah atau mengkaji isi dari masa lalu. Banyak memberikan pengalaman terkait masa lalu bagi para pengunjung. Beberapa kegiatan harian masyarakat kita juga ada di lontar yang kita miliki seperti kegiatan pengobatan usada ataupun ke-pemangkuan. Sangat relevan untuk warga yang memahami hal itu. Lontar Ini akan menjadi ber-kesinambungan kita di Musem lontar, " Tandasnya. 


“Nanti kita akan melakukan bedah lontar Sangkul Putih, lontar tersebut berkaitan dengan orang-orang yang sudah disucikan. Supaya mereka tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Nanti di sana akan dikupas secara lengkap,” kata Suarya. Selain itu, selama event berlangsung juga akan ada kegiatan menulis lontar mulai dari anak-anak, dewasa hingga orang tua. Sehingga para generasi muda bisa menulis lontar supaya tetap terjaga kelestariannya. Selain itu, nantinya juga akan ada acara kejutan yang masih dirahasiakan oleh panitia.


Event ini ditargetkan akan masuk ke kalender menjadi event Tahunan. Dimana hal ini juga mendapat dukungan dan apresiasi dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Karangasem I Putu Edy Surya Artha. “Ini salah satu event yang luar biasa di akhir tahun ini, namun terkait dengan pendanaan kami belum bisa berikan karena keterbatasan anggaran, tapi kami akan support sepenuhnya secara moril supaya event dapat berjalan sesuai dengan harapan,” kata Edy menandaskan. (Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved