-->

Minggu, 03 Desember 2023

Fakta Unik 16 Patung Dewi Yang Baru Ditambahkan Di Taman Tirta Gangga

Fakta Unik 16 Patung Dewi Yang Baru Ditambahkan Di Taman Tirta Gangga

 


Karangasem, Bali Kini - Jika ODTW dan pelaku wisata sempat surut dan hampir jatuh akibat adanya pandemi Virus Corona beberapa waktu lalu, namun tidak untuk ODTW Taman Tirta Gangga, Karangasem. Di tangan pengelola Anak Agung Kosalia, Taman Tirta Gangga kini mendapat sejumlah renovasi yang mana kian membuat nyaman para pengunjung. 


ODTW ini mendapat sejumlah perbaikan di tiap sudutnya. Seperti perombakan dan pembaruan jalan setapak, penambahan fasilitas bermain untuk anak-anak, serta belasan patung yang didirikan mengelilingi sekitaran kolam.


"Yang terbaru ada patung wanita yang mengeluarkan pancuran, ini kami dirikan berjumlah 16 patung. Semua ini merupakan desain asli dari leluhur kami sang Raja Anak Agung Anglurah Karangasem. Desainnya sendiri memang sudah ada cetakannya di Puri sejak dulu. Jadi ini asli desain atau karya seni dari Kerajaan Karangasem dulu," Tandas Kepala Pengelola Taman Tirta Gangga, A. A Kosalia, Minggu (3/12/2023). 


Dijelaskan Kosalia, jika segala objek yang ditambahkan di ODTW tersebut mempunyai makna atau filosofinya tersendiri. "Ini semua ada maknanya, bahkan pada detail kecil seperti hiasan atau relief di pot bunga, atau desain jalan setapaknya ini desain asli kami, namun saat ini sudah banyak ditiru dan dipasarkan keluar, " Tandasnya. 


Salah satu objek baru yakni patung dewi yang didirikan berjumlah 16 patung di sisi kolam, patung tersebut di desain mengeluarkan air. Namun uniknya, ternyata patung-patung tersebut tidak memiliki mesin didalamnya. "Ini harga patungnya persatu patung 5,5 juta Rupiah. Di dalamnya sama sekali tidak berisi mesin yang membuatnya mengeluarkan air, ini murni karena desain kami, mengandalkan gravitasi. Jadi air yang di keluarkan patung ini kami ambil dari kolam atas," Terangnya.


Sementara, untuk kunjungan dari wisatawan ke ODTW Taman Tirta Gangga ini masih didominasi WNA. "Untuk kunjungan wisata sendiri sudah normal kembali, Rata-rata perhari 1000 orang di musim ini di bulan November-Desember 2023. Jika high seasons bahkan bisa mencapai 3000 orang yang berkunjung. Wisman masih didominasi oleh WNA dari Eropa dan Asia, seperti Vietnam, China dan India, " Tandasnya. (Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved